Sabtu, 10 Desember 2016

contoh laporan perjalanan ke bali

untuk kalian yang ingin mencari contoh cara membuat laporan karya wisata

Laporan Perjalanan Widya Wisata
Ke Pulau Bali
Laporan ini kami susun sebagai syarat untuk mengikuti ulangan umum kenaikan kelas 2015/2016.

Image result for pulau bali

Disusun oleh :
1.     Danang Dwi Maryanto          (10/VIII B)
2.     Muhammad Subkhan Syahid (23/VIII B)

SMP NEGERI 1 WEDI
Tahun Pelajaran 2015/2016

Laporan Perjalanan Widya Wisata Ke Pulau Bali

Laporan ini telah diterima dan disahkan oleh Kepala SMP Negri 1 Wedi dan guru pembimbing sebagai syarat untuk mengikuti ulangan umum kenaikan kelas 2015/2016.

Hari           :
Tanggal     :

Mengetahui.

Kepala SMP Negeri 1 Wedi                            Wali kelas VIII B

Chatarina Supartini, M.S.Pd                           Endang Woro, S.Pd
NIP:196107061983022004                            NIP:195705221989032001

MOTTO

1.   Nama yang harum lebih berharga dari kekayaan.
2.   Dengan belajar mematuhi perintah, kita akan tahu cara memerintah.
3.   Jangan jadikan waktu adalah uang, karena waktu lebih beharga daripada  uang.
4.   Rubahlah dirimu sendiri, karena Tuhan tidakkan merubah seseorang  sebelum orang itu merubah dirinya sendiri.
5.     Gantungkanlah cita-citamu setinggi gantungan baju, karena kau akan mudah menggapainya dan jika tidak tercapai kau tidak akan merasakan sakitnya.
6.     Berusahalah selagi masih ada kesempatan.
7.     Berpikirlah jauh kedepan karena jika tidak kau akan menemukan penyesalan tidak jauh dihadapanmu.
8.     Jadikan dirimu rajin dan suka belajar dari orang-orang yang kedudukannya lebih rendah, karena itu ciri-ciri orang yang beradab.
9.     Berjuanglah seperti fisabillilah.
10.  Jadikanlah dirimu adil. Karena orang-orang yang adil akan dekat dengan Allah disurga nanti.

PERSEMBAHAN

Laporan perjalanan ini kami persembahkan kepada:
1.           Ibu Chatarina Supartini selaku Kepala SMP Negri 1 Wedi
2.           Ibu Endang Woro selaku wali kelas VIII B
3.           Bapak / Ibu guru pembimbing
4.           Guru dan Karyawan
5.           Kakak Kelas
6.           Adik Kelas
7.           Pembaca yang Budiman

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ Laporan Kegiatan Widya Wisata Ke Pulau Bali ” ini dengan baik tanpa ada halangan. Terselesaikannya laporan ini tentu tidak lepas dari bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:

1.                   Chatarina Supartini,M.S.Pd selaku kepala SMP Negeri 1 Wedi
2.                   Tri Wiryani,S.Pd selaku guru bahasa indonesia
3.                   Endang Woro,S.Pd selaku wali kelas VIII B
4.                   Biro Perjalanan ( Malinda Tour )
5.                   Pihak-pihak yang telah membantu membuat laporan ini

Laporan ini disusun untuk melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, kami berharap semoga laporan karya wisata ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi referensi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan laporan ini jauh lebih baik lagi. Kami mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini.

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Sesuai progam SMP Negeri 1 Wedi, bahwa setiap siswa kelas VIII wajib mengikuti progam Widya Wisata tahun pelajaran 2015 / 2016, dengan tujuan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, dan sebagai syarat kenaikan kelas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-9 Januari 2016 di beberapa tempat wisata di Pulau Bali, antaralain :
1.    Tanah Lot
11.  Teman Joger
12.  Danau Bedugul

B.Tujuan :

1.       Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
2.       Menambah pengetahuan tentang daerah Pulau Bali.
3.       Mempelajari dan melestarikan kebudayaan daerah Pulau Bali.
4.       Mengetahui sejarah penyebaran agama di Pulau Bali.
5.       Untuk mengetahui objek wisata yang terdapat di Pulau Bali.
6.       Untuk mengetahui adat dan kebudayaan masyarakat bali.

C.RUMUSAN MASALAH

1.             Objek wisata apa yang di kunjungi ?
2.             Apa sajakah kebudayaan yang terdapat di PulauBali ?

D.KerangkaLaporanRencanaKegiatan

BAB II
                                  PEMBAHASAN
I.PERJALANAN HARI PERTAMA
Pada hari Selasa 5 Januari 2016 pukul 07.00-08.00 WIB kami berkumpul di SMP Negeri 1 Wedi untuk melakukan persiapan dan pengecekkan sebelum berangkat widya wisata ke Pulau Bali. Setelah persiapan dan pengecekan selesai rombongan widya wisata bergegas memasuki bus masing-masing. Bus yang kami naiki adalah Bus Subur Jaya. Ada 5 bus yang membawa rombongan widya wisata, yang berisi kurang lebih 50 siswa dan 4 guru pendamping. Setelah memasuki bus pihak Mandala Tour memberi pengarahan dan melakukan pengabsenan. Pada pukul 08.30 WIB rombongan widya wisata diberangkatkan menuju Pulau Bali. Pada pukul 10.00 WIB rombongan widya wisata berhenti pada sebuah pom bensin, untuk istirahat dan ke kamar kecil. Rombongan widya wisata kembali memasuki bus dan melanjutkan perjalanan. Sekitar pukul 13.00 WIB kami berhenti di sebuah rumah makan di daerah Alas Roban, untuk melakukan ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan). Setelah selesai ISHOMA perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Bali. Pada pukul 18.00-19.00 WIB rombongan widya wisata berhenti di Rumah Makan BROMO ASRI yang berada di daerah Malang untuk ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan). Setelah itu, perjalanan di lanjutkan menuju Pelabuhan Ketapang.

II.PERJALANAN HARI KE - DUA
Pada hari Rabu 06 Januari 2016 pukul 01.00 WIB kami telah sampai di Pelabuhan Ketepang. Sekitar 15 menit menunggu, kami mulai menyebrang  menuju ke Pelabuhan Gilimanuk,Bali . Pada pukul 03.00 WITA kami beserta rombongan telah sampai di Pelabuan Gilimanuk. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju obyek wisata pertama yaitu “Tanah Lot”. Di tengah perjalanan sekitar pukul 05.00 WITA kami berhenti di pom bensin,untuk sholat dan ke kamar kecil. Setelah selesai, perjalanan dilanjutkan. Pada pukul 06.30 kami beserta rombongan telah sampai di Tanah Lot.

1. TANAH LOT
Hasil gambar untuk tanah lot pada pagi hari
Tanah Lot merupakan tempat wisata di Pulau Bali yang terkenal. Tempat ini terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Tanah Lot merupakan tempat pemujaan dewa-dewa laut. Disini terdapat dua buah pura. Satu di atas karang besar dan satunya terletak di atas tebing. Disana kami melihat pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Selain melihat matahari terbit, kami juga melihat ular yang bewarna putih dengan garis-garis hitam. Ular itu dianggap sebagai penjaga pura Tanah Lot. Selain pemandangannya yang menarik di Tanah Lot juga terdapat pasar seni yang menjual beragam kerajinan tangan khas Bali,seperti kalung, gelang kayu berukir, gantungan kunci dari kerang, asbak dengan hiasan pasir dan bintang laut dan juga kaos dengan beraneka tulisan khas Bali.

Pada pukul 08.00 WITA kami telah usai berwisata di Tanah Lot. Dan kemudiaan kami beserta rombongan menuju ke bus kami masing-masing untuk melanjutkan perjalanan menuju hotel. Hotel yang kami singgahi selama di Bali adalah Hotel Pelopor. Setelah meninggalkan Tanah Lot, pemandu wisata mulai mendampingi kami selama widya wisata di Pulau Bali. Di perjalanan menuju hotel kami melihat sebuah fenomena alam yang amat langka yaitu pohon kelapa bercabang dua. Pada Pukul 09.00 WITA kami beserta rombongan telah sampai di Hotel Pelopor. Hotel ini berlantai dua dan di lengkapi tv di setiap kamar. Selain itu terdapat kolam renang, aula, dan halaman yang luas. Setelah chek in hotel kami menuju kamar masing-masing untuk mandi dan makan pagi.
Selesai mandi dan makan pagi, pukul 10.30 WITA kami memulai perjalanan menuju Tanjung Benoa. Perjalanan ditempuh sekitar satu jam. Di perjalanan kami dijelaskan tentang budaya dan adat masyarakat Bali, seperti pura yang terdapat di setiap rumah, ibadah yang dilakukan setiap hari, dan upacara pembakaran mayat atau yang dikenal dengan ngaben. Pada pukul 11,30 WITA kami beserta rombongan telah sampai di Tanjung Benoa.

2.TANJUNG BENOA
Hasil gambar untuk TANJUNG BENOA
Tanjung Benoa terletak di Desa Adat  Pekraman Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Sebelum menjadi tempat pariwisata seperti saat ini, Tanjung Benoa merupakan perkampungan nelayan. Pada tahun 90-an pemerintah menetapakan Tanjung Benoa sebagai tempat pariwisata. Sehingga kualitas hidup masyarakat Tanjung Benoa semakin meningkat. Tanjung Benoa merupakan tempat olah raga air terlengkap. Olah raga air yang bisa di lakukan disini antaralain: Parasailing, banana boat, jetski, flying fish, snorkeling, scuba diving, wake board, donnat, dan pelayaran menuju Pulau Penyu.
Di Tanjung Benoa kami mencoba salah satu wahana disana yaitu pelayaran menuju Pulau Penyu. Untuk sampai ke Pulau Penyu dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan kapal yang bisa disewa. Di perjalanan menuju Pulau Penyu kami juga bisa melihat kawanan ikan yang sedang makan, dan jika beruntung  bisa melihat ikan lumba-lumba yang sedang berenang.
Setelah sampai di Pulau Penyu kami melihat-lihat berbagai macam binatang yang ada disana seperti ular, jalak bali, landak, kekelawar, bermacam burung, dan tidak hanya melihat-lihat kami juga bisa menyentuhnya dan tujuan utama kami yaitu melihat penangkaran penyu hijau. Namun menurut kepercayaan masyarakat di daerah itu para perempuan tidak boleh melihat penyu yang sedang bertelur karena diyakini jika melihat  tidak bisa mempunyai keturunan. Selesai melihat-lihat dan berwisata di Pulau Penyu kami kembali ke pantai Tanjung Benoa untuk makan siang.
Pukul 13.30 WITA kami selesai berwisata di Tanjung Benoa dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pandawa. Perjalanan ditempuh sekitar satu jam. Di perjalanan menuju Pantai Pandawa kami dibuat takjub dengan tebing-tebing kapur di sepanjang jalan yang kami lewati. Di sepanjang perjalanan kami juga di jelaskan sejarah Pantai Pandawa.

3.PANTAI PANDAWA
Image result for pantai pandawa bali
Pantai Pandawa dulu bernama Pantai Melasti. Pantai ini terletak Desa Kutuh, Kecamatan Kutuh Selatan, Kabupaten Badung. Dulunya akses jalan untuk menuju pantai Pandawa cukup sulit, namun karena pantai ini memiliki keindahan yang sangat indah mata dan menarik minat pengunjung maka pemerintah setempat membuat akses jalan dengan membelah tebing kapur. Di tebing menuju Pantai Pandawa terdapat patung Pandawa dan Dewi Kunthi. Patung itu merupakan sumbangan dari para wisatawan. Karena di pantai ini terdapat patung pandawa maka pantai ini di sebut Pantai Pandawa.

Setelah kami selesai menikmati keindahan pantai ini. Kami beristirahat dan melepas dahaga di kedai-kedai pinggir jalan. Kami di Pantai Pandawa hanya sebentar dikarenakan cuaca yang begitu panas. Walaupun dengan cuaca yang panas kami tetap senang karena Pantai Pandawa menawarkan pemandangan yang sangat indah.
Pada Pukul 15.30 WITA kami meninggalkan Pantai Pandawa dan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kuta. Perjalanan di tempuh selama setengah jam menggunakan bus dan dilanjutkan menngunakan angkutan kota (angkot) selama setengah jam. Dikarenakan perjalanan menuju Pantai Kuta sangatlah macet dan area parkir yang tidak bisa digunakan oleh bus. Dalam perjalanan kami melihat Monumen Panca Benua atau yang disebut Monumen Ground Zero untuk mengenang para korban Bom Bali I. Pukul 16.30 WITA kami sampai di Pantai Kuta.
4.PANTAI KUTA
Image result for pantai kuta bali
Pantai Kuta terletak di desa Adat Kuta, kecamatan Kuta, Kota Denpasar, Bali. Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk berselancar dan berenang. Namun kami tidak boleh berselancar atau berenang karena untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu. Tidak terhalang oleh itu kami bisa bermain air, berfoto-foto mengabadika keindahan Pantai Kuta atau juga menyaksikan matahari terbenam di pantai ini. Karena Pantai Kuta merupakan tempat yang terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya. Selain itu disini juga terdapat berbagai fasilaitas seperti lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan dan minuman, serta tempat penyewaan papan selancar dan pakaian renang. Disepanjang kawasan pantai terdapat pedagang kaki lima yang menawarkan makanan dan minuman beserta tempat duduk atau kursi untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam.  Terdapat juga penjual pernak-pernik dan souvenir yang terbuat dari kerang atau bintang laut. Ada pula  penjual makanan yang berbahan baku dari kepiting, udang , dan berbagai jenis ikan.
Pada pukul 17.30 WITA kami pergi meninggalkan Pantai Kuta dan menuju wisata belanja,yaitu Krisna pusat oleh-oleh khas Bali. Krisna terletak di Jalan Sunset Road Kuta. Perjalanan menuju Krisna ditempuh sekitar tiga puluh menit.

5. KRISNA
Description: Toko oleh-oleh Krisna
Di Krisna terdapat : aneka camilan, kaos anak – anak dan dewasa, batik, tas kreasi, alat musik tradisional, aksesoris, bedcover, lukisan, kain pantai, layang – layang, kerajinan kayu, alas kaki hingga frame foto. Disini merupakan tempat pusat oleh-oleh khas Bali yang paling lenkap. Kami berada di Krisna sekitar satu jam, tidak usah biung memilih karena disini terdapat pelayan Krisna yang bisa membantu untuk memilih. Harga yang murah dan kualitas barang yang bagus membuat kami dan pembeli senang. Selain itu terdapat area parkir yang luas. Di sekitar area parkir terdapat pedagang kaki lima yang sedang menjajakan jualannya.

Setelah kami puas berbelanja di Krisna, kami kembali ke hotel untuk beristirahat dan makan malam. Perjalanan ditempuh sekitar satu jam. Dalam perjalanan kami bersenda gurau dengan teman untuk menghilangkan penat.  Pada pukul 20.00 WITA kami telah sampai di hotel.
Sesampainya di hotel kami menuju kamar masing-masing untuk mandi, sholat, dan makan malam. Setelah itu, kami istirahat seperti menonton tv dan bersenda gurau dengan teman. Setelah kami lelah dan mengantuk, kami tidur untuk mempersiapkan hari esok.

III. PERJALAN HARI KE – TIGA

Pada hari Kamis, 7 Januari 2016 kami melakukan perjalanan hari ke-tiga. Pada pukul 05.00 WITA kami bangun tidur dan kemudian sholat. Setelah itu kami mandi, makan pagi dan menunggu keberangkatan menuju Istana Tampak Siring. Pukul 08.00 WITA kami dan rombongan berangkat menuju  Istana Tampak Siring. Perjalanan ditempuh sekitar satu setengah jam. Di perjalanan kami melihat rumah-rumah yang berdinding tanah liat dan beratap ijuk yang  sering dikunjungi para wisatawan asing. Selain itu kami melihat patung bayi raksasa atau patung bayi ajaib. Konon tempat itu dulu setiap malam terdengar suara tangisan bayi. Setelah penduduk resah, para penduduk dan para pemuka agama mengadakan musyawarah. Setelah mencapai kesepakatan mereka membuat patung bayi tersebut. Semenjak patung bayi tersebut dibuat tidak ada lagi suara tangis bayi.  Menurut masyarakat setempat patung itu merupakan rumah para arwah bayi. Pada Pukul 09.30 WITA kami telah sampai di Istana Tampak Siring.

6. ISTANA TAMPAK SIRING

Image result for istana tampak siring bali
Istana Tampak Siring berlokasi di atas perbuktian di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Kami di beri pengarahan sebelum memasuki Istana Tampak Siring. Setelah setengah jam persiapan dan pengarahan, kami masuk ke Istana Tampak Siring didampingi pemandu wisata dan dijelaskan seputar Istana Tampak Siring.
Nama Tampak Siring berarti: “telapak” dan “miring”. Nama Tampak Siring berasal dari legenda masyarakat setempat. Dulu ada raja yang pandai dan sakti. Raja itu bernama Raja Mayadenawa. Tetapi ia mengangkat diri sebagai dewa yang harus di sembah oleh rakyatnya. Karena itu Dewa Indra mengutus pasukannya untuk menyerang Raja Mayadenawa. Serangan ini membuat Mayadenawa melarikan diri ke dalam hutan. Untuk menyamarkan jejaknya, Mayadenawa sengaja berjalan dengan cara memiringkan telapak kakinya.Tetapi usahanya ini sia-sia Karena jejaknya tetap diketahui pasukan Dewa Indra. Akhirnya tempat ini dikenal dengan nama Tampak Siring yang berarti telapak dan kaki
Istana Tampak Siring dibangun oleh R.M. Soedarsono atas perintah Presiden Soekarno. Istana Tampak Siring di bangun pada tahun 1957 dan 1963. Pada tahun 1957 dibangun Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira. Dan pada tahun 1963, dibangun Wisma Negara, Wisma Bima, dan Gedung Konferensi.

Kami dapat menyaksikan riwayat dan fungsi gedung bersejarah yang pernah digunakan oleh para presiden Republik Indonesia. Pada Wisma Merdeka kami dapat melihat Ruang Tidur Presiden, Ruang Tidur Keluarga, Ruang Tamu, dan Ruang Kerja Presiden. Di gedung ini kami juga dapat melihat patung-patung dan lukisan-lukisan.
Di gedung Wisma Negara, kami dapat menyaksikan ruangan untuk menjamu para tamu negara. Antara Wisma Merdeka dan Wisma Negara, dibangun jembatan yang dikenal dengan Jembatan Persahabatan karena Para tamu negara biasanya akan diantar melalui jembatan ini untuk menuju Wisma Negara.
Wisma Yudhistira merupakan tempat menginap rombongan kepresidenan dan rombongan tamu negara. Wisma ini terletak di tengah Istana Tampak Siring. Di Wisma Bima kami bisa menyaksikan tempat istirahat para pengawal presiden dan pengawal tamu negara. Di Gedung Koferensi kami menyaksikan ruang rapat yang sangat besar. Gedung ini berfungsi  untuk keperluan rapat, jamuan makan malam tamu kenegaraan, dan konferensi.
Setelah berkeliling dan belajar di Istana Tampak Siring. Kami beristirahat di kedai-kedai yang menjual makanan dan minuman beserta berbagai macam souvenir.
Setelah dari Istana Tampak Siring, kami melanjutkan perjalanan menuju tempat makan siang dan berbelanja, yaitu Cening Bagus. Perjalanan ditempuh sekitar satu jam. Dalam perjalanan kami diceritakan budaya, adat, dan mitos di Bali dan juga diselingi candaan bersama pemandu wisata. Akhirnya pukul 12.00 WITA kami sampai di Cening Bagus.
7.CENING BAGUS
Cening Bagus merupakan pusat oleh-oleh khas Bali. Cening Bagus terletak di Jl. Raya Batubulan No. 100x  Sukawati, Gianyar, Bali. Cening Bagus didirikan oleh orang yang berasal dari Jawa Tengah bernama H. Robani. Disini kami dan rombongan sholat dan makan siang. Setelah itu, kami  berbelanja aneka oleh-oleh khas Bali. Di Cening Bagus terdapat berbagai barang dan makanan khas Bali, seperti  : dodol buah, pie susu, kopi, aneka camilan, aksesoris, baju, dan berbagai hasil seni para pengrajin di Bali. Pembeli yang ingin membeli makanan di toko Cening Bagus ada sample untuk mencicipi makanan yang ingin dibeli. Semua makanan disini dijamin khalal lan thoyiban.
Setelah kami dua jam berada di Cening Bagus. Kami melanjutkan perjalanan menuju obyek berikutnya, yaitu Museum Bajra Sandhi. Perjalan ditempuh sekitar setengah jam. Museum Bajra Sandhi juga dikenal dengan nama Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Pada pukul 14.30 WITA kami dan rombongan telah sampai di Museum Bajra Sandhi.

8.MUSEUM BAJRA SANDHI
Hasil gambar untuk museum bajra sandhi bali
Museum Bajra Sandhi juga dikenal Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Museum ini terletak di tengah Lapangan Renon, Jalan Raya Puputan, Denpasar Timur, Denpasar. Museum ini didirikan oleh Ir Ida Gede Yadnya pada tahun 1981 dan mulai dibangun pada tahun 1987 atas prakarsa mantan Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra dan diresmikan  pada 14 Juni 2003 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Museum ini didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat bali. Nama “Bajra Sandhi” berasal dari bentuk bangunan yang jika dilihat dari kejauhan menyerupai lonceng para pendeta Hindu, yang dalam bahasa Bali disebut bajra.
Di museum ini terdiri atas tiga bagian utama. Pertama, bagian lantai dasar gedung dengan beberapa ruang seperti ruang informasi, administrasi, pameran, perpustakaan, suvenir, rapat, dan toilet. Kedua, bagian lantai tengah. Di tempat ini kami bisa melihat 33 diorama perjuangan rakyat Bali, mulai zaman prasejarah hingga masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Di bagian ini, terdapat kolam ikan bundar bernama Puser Tasik.

Ketiga, bagian lantai atas. Disini kami bisa melihat pemandangan sekeliling Museum Bajra Sandhi, pengunjung harus menaiki tangga yang memutar. Tangga ini bernama tangga Tapak Dara. Di bagian luar museum, terdapat kolam ikan dan pendapa untuk istirahat para pengunjung yang terletak di empat penjuru museum.

Setelah kurang lebih satu jam kami di Museum Bajra Sandhi, kami melanjutkan perjalanan menuju tempat pertunjukan tari barong. Perjalanan di tempuh selama setengah jam. Pada pukul 16.00 kami telah sampai di tempat pertunjukan tari barong.

9.TARI BARONG
Image result for gambar tari barong]
Tari Barong adalah tarian khas Bali. Tari ini menampilkan pertarungan barong dengan rangda. Menurut teks yang diberikan kepada kami, tari barong terdiri dari gending pembukaan, lima babak, dan penutup yaitu:
GENDING PEMBUKAAN
Barong, ditemani seekor kera sedang berada di dalam hutan. Kemudian, datanglah tiga orang bertopeng yang membuat keributan dan merusak ketenangan hutan. Si Kera akhirnya berkelahi dengan mereka dan berhasil memotong hidung salah satu dari mereka.
BABAK PERTAMA
Muncullah dua penari, mereka ini adalah pengikut setia dari Rangda yang sedang mencari para pengikut Dewi Kunti dimana mereka sedang dalam perjalanan untuk menemui Sang Patih.
BABAK KEDUA
Ketika pengikut Dewi Kunti ini tiba, pengikut Rangda berubah wujud menyerupai bentuk Rangda dan memasukkan roh jahat kepada para pengikut Dewi Kunti. Mereka menjadi kerasukan dan lupa ingatan sebelum mereka berhasil bertemu Sang Patih. Tidak sadar akan perubahan yang dialami oleh para pengikut Dewi Kunti, Sang Patih bersama-sama dengan mereka menghadap Dewi Kunti.
BABAK KETIGA
Muncullah Dewi Kunti dan anaknya Sahadewa. Dewi Kunti telah berjanji kepada Rangda untuk menyerahkan Sahadewa sebagai korban. Sebenarnya Dewi Kunti tidak rela mengorbankan anaknya Sahadewa kepada Rangda. Tetapi dengan ilmu sakti yang dimiliki Rangda dengan bujukan para pengikut Dewi Kunti yang sudah kerasukan oleh roh jahat, Rangda bisa mempengaruhi pikiran Dewi Kunti sehingga Dewi Kunti tiba-tiba marah dan menjadi sangat benci kepada Sahadewa. Dewi Kunti memberikan perintah kepada Sang Patih untuk membuang Sahadewa ke dalam hutan. Sang Patih tidak membantah karena dirinyapun sudah dipengaruhi oleh ilmu jahat Rangda.
BABAK KEEMPAT
Sahadewa diikat dibawah pohon besar didalam hutan dan ditinggal sendirian. Tiba-tiba turunlah Dewa Siwa. Ia merasa kasihan kepada Sahadewa. Dewa Siwa menganugerahkan ilmu kesaktian dan kekebalan pada diri Sahadewa. Rangda yang kemudian datang untuk mencabut nyawa Sahadewa berusaha mengoyak-ngoyak, mencabik, dan membunuh Sahadewa tetapi tidak berhasil. Putus asa karena tidak berhasil membunuh Sahadewa, Rangda pun menyerah dan memohon ampun kepada Sahadewa. Rangda akhirnya meminta agar Sahadewa mendoakannya agar masuk surga. Setelah didoakan oleh Sahadewa, Rangdapun meninggal.
BABAK KELIMA
Kalika adalah murid Rangda yang paling sakti ilmunya. Kalika bermaksud menghadap Sahadewa untuk memohon pengampunan sebagaimana Rangda dulu memohon kepada Sahadewa. Tetapi Sahadewa menolak permintaan ini sehingga marahlah Kalika dan mengajak Sahadewa untuk bertarung. Dalam pertarungan ini Kalika beberapa kali merubah wujud dirinya pertama menjadi Babi Hutan tetapi berhasil dikalahkan oleh Sahadewa. Kalika berubah lagi menjadi Burung besar tetapi juga bisa dikalahkan oleh Sahadewa. Terakhir Kalika berubah mengambil perwujudan Rangda. Karena saktinya Rangda ini Sahadewa menjadi kewalahan melawannya. Berusaha untuk memenangi pertempuran. Sahadewa berubah wujud menjadi Barong. Mereka terus bertempur sampai ada yang kalah, tetapi sama saktinya tidak ada yang menang ataupun kalah.
PENUTUP
Muncullah para pengikut Barong dengan membawa keris bermaksud untuk menolong Barong tetapi dengan ilmu saktinya. Kalika yang berwujud Rangda berhasil membuat roh jahat menguasai tubuh pengikut Barong sehingga mereka berbalik berusaha menikam diri mereka sendiri dengan keris. Barong dengan ilmu kebaikannya menolong mereka dari kerasukan roh jahat dan berhasil mengusir roh jahat dari tubuh mereka.

Setelah kami melihat pertunjukan tari barong, kami melanjunkan perjalanan menuju tempat makan malam. Tempat makan malam kami dan rombongan adalah Dewata pusat oleh-oleh khas Bali. Perjalanan ditempuh sekitar setengah jam. Pada pukul 17.30 kami telah sampai di Dewata pusat oleh-oleh khas Bali.
10.DEWATA
Hasil gambar untuk wisata belanja dewata oleh-oleh bali kesiman kertalangu, denpasar timur
Dewata oleh-oleh khas Bali terletak di JL. By Pass Ngurah Rai No. 53 Sanur Kesiman, Denpasar, Bali. Sebelum makan malam kami berbelanja di Dewata. Di sini terdapat kerajinan, kaos, sandal, lukisan,patung, dan souvenir khas Bali. Setelah selesai berbelanja, kemudian kami makan malam.
Selesai makan malam kami menuju bus masing-masing dan melanjutkan perjalanan menuju hotel. Perjalanan ditempuh sekitar satu jam. Dalam perjalanan kami bersenda gurau dengan teman untuk menghilangkan penat. Pada pukul 19.30 kami dan rombongan telah sampai di hotel.
Sesampainya di hotel kami menuju kamar masing-masing untuk mandi dan sholat. Setelah itu kami mengemasi barang bawaan agar tidak tergesah-gesah saat besok pagi meninggalkan hotel. Selesai berkemas-kemas kami istirahat seperti tiduran dan menonton tv, juga di selingi candaan dengan teman. Setelah kami lelah dan mengantuk, kami tidur untuk mempersiapkan hari esok.

IV.PERJALANAN HARI KE-EMPAT
Pada hari Jumat, 8 Januari 2016 kami melakukan perjalanan hari ke-empat. Pada pukul 05.00 WITA kami bangun tidur dan kemudian sholat. Setelah itu kami mandi dan makan pagi. Pada pukul 08.00 WITA kami bergegas meninggalkan hotel dan memulai perjalanan menuju Teman Joger. Perjalanan ditempuh sekitar satu setengah jam. Dalam perjalanan kami melihat fenomena alam yang amat langka yaitu pohon kelapa bercabang empat. Pada pukul 09.30 WITA kami telah sampai di Teman Joger. Sesampainya disini kami harus menunggu selama setengah jam karena untuk persiapan pembukaan Teman Joger.

11.TEMAN JOGER

Teman Joger merupakan tempat penyamaan Joger yang berada di Kuta. Teman Joger terletak di Jalan Raya Denpasar - Bedugul KM 37.5 Desa Luwus, Baturiti, Tabanan, Bali. Teman Joger buka 24 jam/3 hari atau 8 jam/hari, kecuali hari-hari raksasa (besar), dari jam 10.00-18.00 WIJO (Waktu Indonesia bagian Joger). Di sini kami berbelanja barang-barang khas Teman Joger, terdapat berbagai souvenir, sandal, kaos, dan tas. Disini terdapat berbagai kata-kata yang di lukis di dinding yang membuat kami tertawa. Selama satu setengah jam kami berada di Teman Joger.

Setelah berbelanja di Joger kami melanjutkan perjalanan menuju tempat makan siang. Tempat makan siang ini terletak di perjalanan menuju Danau Bedugul. Perjalanan ditempuh sekitar setengah jam. Akhirnya pada pukul 12.00 WITA kami sampai di tempat makan siang. Ketika makan siang disini kami juga bisa melihat pemandangan yang amat indah. Pada pukul 12.30 WITA kami melanjutkan perjalanan menuju Danau Bedugul. Perjalanan di tempuh selama setengah jam.

12.DANAU BEDUGUL

Sesampainya disana kami sholat di masjid di dekat Danau Bedugul dan di lanjutkan berwisata di Danau Bedugul. Di Danau Bedugal terdapat pura yang bernama Pura Ulun Danu. Disini juga bisa menyewa kapal untuk mengelilingi danau. Disini juga terdapat pasar yang menjual kaos dan berbagai buah-buahan.

Setelah satu jam berwisata di Danau Bedugul kami melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Gilimanuk. Perjalanan di tempuh selama tiga setengah jam.Dalam perjalanan kami melewati jalan berkelak-kelok dan melihat tebing-tebing yang indah dan pantai Bali Utara. Pada pukul 17.30 WITA kami besrta rombongan sampai di Pelabuahan Gilimanuk. Sekitar 10 menit menunggu akhirnya kami menyebrang menuju Pelabuhan Ketapang. Pada pukul 18.30 WIB kami beserta rombongan  sampai di Pelabuhan Ketapang. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju tempat makan malam. Perjalanan ditempuh sekitar setengah jam. Sesampainya di sebuah rumah makan di daerah Banyuwangi, kami sholat dan dilanjutkan makan malam. Setelah itu kami beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju SMP Negeri 1 Wedi. Pada pukul 22.00 WIB kami berhenti di sebuah pom bensin untuk istirahat dan ke kamar kecil. Setelah itu perjalanan di lanjutkan.

V.PERJALANAN HARI KE LIMA

Pada pukul 04.00 WIB kami sampai di sebuah masjid di daerah Ngawi untuk sholat dan ke kamar kecil. Setelah itu, kami beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju SMP Negeri 1 Wedi. Pada pukul 08.00 WIB kami dan rombongan berhenti di pom bensin daerah Delanggu. Setelah itu perjalanan di lanjutkan. Pada pukul 09.00 WIB kami beserta rombongan telah sampai di SMP Negeri 1 Wedi dengan selamat dan tanpa halangan apapun. Di SMP Negeri 1 Wedi kami beserta rombongan telah dinanti oleh sanak saudara yang sudah menunggu.

BAB III
  PENUTUP

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya yang telah membantu kami dalam menyelesaikan laporan perjalanan ini . Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan karya tulis ini, sehingga bermanfaaf bagi pembacanya . Dalam penyusunan laporan ini masih banyak kesalahan dalam penguraian tulisan dan lainnya, maka dari itu kami meminta maaf sebesar-besarnya. Atas kritik dan saran pembaca, akan sangat bermanfaat untuk menyempurnakan laporan ini.

a.           Kesimpulan
Dengan melihat uraian yang telah disampaikan maka disimpulkan bahwa :
1.   Obyek wisata di Pulau Bali memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung sehingga tempat ini sangat tepat untuk berlibur maupun kunjungan Widya Wisata.
2.   Pesona alam dan kebudayaan di Pulau Bali dapat menambah wawasan bagi pengunjung.
3.    Keunikan yang ada di Pulau Bali telah tersebar luas di dunia karena memiliki ciri khas tersendiri sehingga menarik wisatawan dan dapat menambah devisa negara.
4.   Dalam widya wisata ini peserta dapat lebih memahami dan menghormati budaya-budaya yang ada di Indonesia serta dapat mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan.
5.   Pulau Bali memiliki banyak keindahan alam dan kebudayaan,oleh Karena itu bayak wisatwan yang datang ke Indonesia untuk melihat dan mengenali kebudayaan di Pulau Bali.

B.          Saran
1.   Perlu ditingkatkannya tenaga-tenaga profesional dalam bidang pariwisata.
2.   Perlu adanya penambahan fasilitas umum yang dapat membantu pengunjung.
3.   Perlu adanaya peraturan yang dapat membantu menjaga objek wisata sehingga pengunjumg dapat berperilaku tertib.
4.   Perlu adanya tambahan keamanan dan kenyamanan obyek wisata dan hotel sehingga pengunjung merasa aman dan  nyaman.

C.          kritik
1.   Di Pulau Bali masih kurangnya keamanan,kebersihan yang harus dijaga.
2.   Pihak pelaksana widya wisata masih kurang menyiapkan fasilitas yang memadai dan lengkap sehingga peserta widya wisata merasa nyaman.
3.    Kurangnya koordinasi pihak pelaksana widya wisata.

LAMPIRAN

JADWAL ACARA PERJALANAN
WIDYA WISATA
SMP NEGERI 1 WEDI
BALI MENGINAP 2 MALAM
5 - 9 JANUARI 2016

SELASA, 5 JANUARI 2016
Pukul 07.00-08.00 WIB                 Peserta study wisata berkumpul dan mengecek.
Pukul 08.00 WIB                         Peserta study wisata di berangkatkan menuju Pulau Bali.
Pukul 13.00-14.00 WIB                 Berhenti di rumah makan untuk makan siang dan sholat.
Pukul 14.00 WIB                         Perjalanan di lanjutkan.
Pukul 18.00-19.00 WIB                 Berhenti di rumah makan untuk makan malam.
Pukul 19.00 WIB                         Perjalanan malam dilanjutkan.
RABU, 6 JANUARI 2016
Pukul 12.00-02.00 WIB                 Diperkirakan sampai tempat penyebrangan.
Pukul 01.00-04.00 WIB                 Perjalanan menuju tanah lot
Pukul 04.30-06.00 WIB                 Wisata di tanah lot.
Pukul 06.00-07.30 WIB                 Perjalanan menuju hotel.
Pukul 07.30-09.30 WIB                 Chek In hotel,mandidan makan pagi.
Pukul 09.30-10.30 WIB                 Perjalanan menuju tanjung benua.
Pukul 10.30-12.30 WIB                 Wisata di tanjung benoa dan makan  siang.
Pukul 12.30-13.30 WIB                 Perjalanan menuju pantai pandawa.
Pukul 13.30-15.00 WIB                 Wisata di pantai pandawa.
Pukul 15.00-16.00 WIB                 Perjalanan menuju kuta.
Pukul 16.00-19.00 WIB                 Wisata di pantai kuta dan dilanjutkan belanja di Krisna.
Pukul 19.00 WIB                         Perjalanan menuju hotel.

KAMIS, 7 JANUARI 2016
Pukul 04.00-07.00 WIB                 Peserta wisata sudah mandi dan makan pagi.
Pukul 07.00-09.00 WIB                 Perjalanan menuju tak siring.
Pukul 09.00-11.00 WIB                 Kunjungan di tampak siring.
Pukul 11.00-12.00 WIB                 Perjalanan menuju Tempat makan siang.
Pukul 12.00-14.00 WIB                 Makan siang.
Pukul 14.00-14.30 WIB                 Perjalanan menuju museum bajra sandhi.
Pukul 14.30-16.00 WIB                 Study di Museum bajra sandhi.
Pukul 16.00-16.30 WIB                 Perjalanan menuju tari barong.
Pukul 16.30-17.30 WIB                 Menikmati tari barong.
Pukul 17.30 WIB                         Perjalanan menuju tempat menginap.

JUMAT, 8 JANUARI 2016
Pukul 04.00-07.30 WIB                 Peserta wisata sudah mandi, makan pagi dan bergegas meningalakan hotel.
Pukul 07.30-09.00 WIB                 Perjalanan menuju joger.
Pukul 09.00-10.30 WIB                 Belanja di joger.
Pukul 10.30-11.00 WIB                 Perjalanan menuju rumah makan.
Pukul 11.00-12.00 WIB                 Makan siang.
Pukul 12.00-12.30 WIB                 Perjalanan menuju bedugul.
Pukul 12.30-13.30 WIB                 Wisata di bedugul.
Pukul 13.30-16.30 WIB                 Perjalanan menuju gilimanuk.
Pukul 16.30-19.00 WIB                 Diperkirakan sudah menyeberang.
Pukul 19.00-20.00 WIB                 Makan malam.
Pukul 20.00 WIB                         Perjalanan pulang.

SABTU, 9 JANUARI 2016
Pukul 04.00-05.00 WIB                 Berhenti di masjid untuk menjalankan sholat subuh.
Pukul 08.00 WIB                         Diperkirakan sudah sampai di SMP Negeri 1 Wedi.

Menginap di hotel PELOPOR
NB:dengan tidak mengurangi obyek tujuan acara sewaktu bisa berubah

Hasil gambar untuk tanah lot pada pagi hari               Hasil gambar untuk TANJUNG BENOA
           Pura Tanah Lot                                                     Tanjung Benoa

Image result for pantai pandawa bali               Hasil gambar untuk pantai kute sore hari]
Pantai Pandawa                                                     Pantai Kuta

Description: Toko oleh-oleh Krisna               Image result for istana tampak siring bali
Krisna                                                          Gedung Konfernsi
                                                          Istana Tampak Siring

Hasil gambar untuk museum bajra sandi
Pemandangan dari atas Museum Bajra Sandi                                     Teman Joger

Hasil gambar untuk tari barong
Danau Bedugul                                            Tari Barong

Cening Bagus                                                        Dewata

Description: http://assets.kompas.com/data/photo/2015/08/22/1634442bali3780x390.jpg
Description: Pantai Pandawa Bali, Pantai Tersembunyi Di Balik Tebing Dan Filosofi Pandawa Lima
   Tebing menuju Pantai Pandawa                        Museum Bajara Sandhi
Description: Pasar swalayan oleh-oleh khas Bali Krisna                    Description: http://assets.kompas.com/data/photo/2015/08/22/1635342bali5780x390.jpg
Krisna                                                          Museum Bajra Sandhi
Description: http://assets.kompas.com/data/photo/2015/08/22/1637199bali4780x390.jpg                     Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizsXsKNEhXbgI1LiQv7w7WL0B9g9sj7wTOapQUPngdUzpmyHeQECUQl58CCuCvQw0I2zTaY9h_OipBIJsrqdf9uBxwy_nilJY_TI3WJgqP1KR1FgqfJuWa-lb_ZCadww3LVH-p-TnYDkU/s1600/10341871_10152030536126946_8533705051918323995_n.jpg